Home » , » Contoh Pendahuluan Laporan Prakerin SMK Plus Al Hasanah

Contoh Pendahuluan Laporan Prakerin SMK Plus Al Hasanah

Written By Arma Putera on Rabu, 19 September 2012 | 9:31 PM



Ini buat teman-teman, baik yang sekolah di SMK Plus Al Hasanah, ataupun yang bukan..siapa tau contoh pendahuluan laporan Prakerin ini bisa membantu.

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN


1.1        Latar Belakang Penulisan Laporan
Dalam dunia pendidikan, khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program Praktek Kerja Industri (Prakerin). Bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap bekerja secara trampil dengan kemampuan yang dia perolehnya. Oleh karena itu, program Prakerin memegang peranan yang sangat penting bagi sekolah untuk mengetahui seberapa jauh ilmu yang telah dikuasai peserta didik dalam penerapannya di dunia usaha yang sebenarnya.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah praktek kerja yang dilakukkan  oleh sekolah dengan dunia industri. Program prakerin ini adalah salah satu cara yang efektif untuk memadukan antara teori dan praktek yang diterima di sekolah dengan praktek kerja yang secara nyata di perusahaan tesebut. Jadi praktek dan teori yang didapat oleh siswa bisa dipergunakan oleh mereka untuk masa depan mereka. Dan selanjutnya mereka membuat laporan dimana pada tahap ini siswa harus mempertanggungjawabkan apa yang mereka laporkan secara tertulis dan segala kegiatan pada saat di depan penguji. Di sini bisa diukur sampai sejauh mana kemampuan yang telah di praktekan.
Berpegang pada peranan Prakerin tersebut maka SMK Plus Al Hasanah memberanikan diri untuk melaksanakan program Prakerin tersebut dalam dunia usaha pada beberapa angkatan. Angkatan pertama tahun pelajaran 2010/2011, serta angkatan kedua pada tahun pelajaran 2012/2013. Pada kegiatan Prakerin ini juga siswa-siswi dituntut agar mengembangkan bakat kemampuan yang telah diperoleh, serta langsung praktek kerja pada dunia usaha sesungguhnya.
Kemajuan teknologi komputer membawa dampak yang sangat besar bagi kemajuan teknologi dalam bidang industri, ekonomi, sosial dan lainnya. Saat ini dunia komputer sedang disemarakan dengan penggunaan jaringan komputer dan memungkinkan sumber daya (file, printer, e-mail, dan internet) secara bersamaan oleh sejumlah komputer, sehingga kemajuan teknologi komputer saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap perusahaan, baik untuk perusahaan kecil, perusahaan menengah, maupun perusahaan besar. Dengan sistem operasi jaringan maka kinerja perusahaan dan operasionalnya dapat ditingkatkan dan juga menghemat waktu dan biaya.
Di sini kami akan membahas materi tentang Backup Data, Instalasi Sistem Operasi Windows, Instalasi Driver dan Instalasi Sistem Aplikasi

1.2     Batasan Pembahasan
Pembatasan masalah mencakup semua tentang Backup Data, Instalasi Sistem Operasi Windows, Instalasi Driver dan Instalasi Sistem Aplikasi

1.3     Tujuan Penulisan
Tujuan umum yang diharapkan dapat tercapai dalam menyusun laporan prakerin adalah :
1.      Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti UAN / UAS
2.      Sebagai salah satu untuk mengikuti Uji Kompetensi
3.      Sebagai tanda bukti bahwa kami telah melaksanakan Praktik Kerja Industri.
4.      Sebagai buku panduan dalam praktik di sekolah.
5.      Sebagai bahan pembelajaran di sekolah.
6.      Sebagai salah satu referensi belajar dalam bidang komputer
7.      Sebagai pemenuhan tugas yang diberikan pihak industri kepada peserta Prakerin
8.      Sebagai salah satu syarat mengikuti sidang Produktif.

1.4     Metode Pengumpulan Data
Dalam pembuatan laporan Praktik Kerja Industri ini menggunakan beberapa metode kegiatan yang dilakukan selama penyusunan laporan ini. Ada beberapa metode yang dilakukan yaitu :
1.      Praktik Kerja
Metode ini berdasarkan atas pengalaman kerja langsung, selama kegiatan Prakerin di Zaky Komunika.
2.      Bimbingan
Yaitu dengan cara tanya jawab langsung dengan pembimbing saya dari Zaky Komunika.
3.      Study Literatur
Yaitu dengan cara membaca buku ataupun internet yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi atau yang akan dibahas.
4.      Observasi
Yaitu dengan cara melakukan pengamatan langsung di lapangan, seperti cara kerja dan langsung mempraktikannya dengan mengetahui dan memanfaatkan sarana atau fasilitas yang ada.

1.5     Sistematika Penulisan Laporan
Sistematika penyusunan laporan untuk memudahkan mendapatkan gambaran tentang isi laporan ini, adalah sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan
          Pada bab ini dibahas tentang kerangka laporan yaitu latar belakang, batasan masalah, tujuan penulisan, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan laporan.
BAB II : Deskripsi Perusahaan
          Pada bab ini berisi tentang sejarah, visi dan misi PT. Nutrifood Indonesia.
BAB III : Pembahasan
Pada bab ini kami mengurai tentang Backup Data, Instalasi Sistem Operasi Windows, Instalasi Driver dan Instalasi Sistem Aplikasi
BAB IV : Penutup
          Pada bab ini berisi tentang kesimpulan, saran – saran baik untuk pihak sekolah maupun untuk pihak industri.
Lampiran – lampiran

9 yang komen: