Home » , » Welcome To The New Me

Welcome To The New Me

Written By Arma Putera on Sabtu, 11 Juni 2016 | 8:01 PM

It's been a looooong time...
dari terakhir kali gw ngepost di blog sunyi gw ini. Kalian bisa buka di homepage, satu artikel di bawah artikel ini dipublish tahun 2012. tepatnya Desember 2012. Wow, sekarang udah 2016. Berapa puluh tahun bulan tuh. Gw yakin kalian ngga bertanya-tanya, kenapa selama ini post nya mentok cuman sampai situ doang? Ya jelas laah wkwkwk. i'm sure 100% that you're never thingking why could this happen. Tapi buat menuh-menuhin spam ini, bakal gw jelasin kenapa selama ini upil suka ditaro di bawah meja. *kriik kriik*.

Desember 2012 itu saat² terakhir gw di SMK. Tau sendirikan kelas 3 gimana kalo mau UN. Kata Gathan Sakti "harus fokus biar lulus". Sebenernya ngga fokus² amat sih, secara gw murid paling males belajar di kelas. Tapi ya gimana, sekolah lagi banyak²nya pemadatan lah, try out lah, osis lah. Iya, osis. Yang harusnya kelas 3 gw stop ga ikut organisasi apapun tapi gw masih suka aktif jadi "panitia bayangan". jadi lupa deh ngeblog. Flash back lagi kebelakang waktu UTS kelas 1, gw bisa dibilang sama sekali ga belajar. Gimana mau belajar buku tulis aja ga punya. Gw mahamin materi se ada-nya guru nerangin. Bukan apa, karena gw ngga suka ama sistem pendidikan di sekolah waktu itu. Semua nyaa harus dikuasain. Matematik indo fisika kimia kewirausahaan all of them. Padahal kan tiap kepala punya potensinya masing-masing. Kalo diibaratkan, pelajaran sekolah itu kaya manjat pohon, dan murid sekolahan itu kaya hewan, spesiesnya beragam, dan sistem pendidikan yang ada saat ini ngewajibin semua spesies harus bisa manjat pohon, ngga peduli lu ikan ato burung lu harus bisa manjat pohon. Coba kalo sistem nya dibikin sesuai ama potensi masing-masing. Ikan ya pelajaran nya berenang, burung ya pelajarannya terbang. biarin lah manjat pohon mah cuman buat monyet doang. Belum lagi tugas² LKS yang ngegunung. Buat apa? Mungkin penyerapan pemahaman yg didapat dr ngerjain tugas LKS palingan yaaah cuman 5%. Itu juga bukan ngerjain LKS namanya kalo lu cuman copy paste dr halaman di belakang soal. Atau parahnya lu copy paste dr LKS punya temen. Kalo udah gitu 5% pun rasanya bakal susah didapet. 

Prinsip kaya gitu gw pegang terus selama kelas satu, dan tebak hasilnya apa? UAS gw nilainya gede² bahkan beberapa jadi yg paling gede di kelas. Tapi meskipun nilai UAS gw bagus², gw harus ikut REMIDIAL. Nilai rapot gw pada standar², beberapa dapet nilai jelek. Terkecuali nilai kejuruan. Nilai yg gw dapet dr mata pelajaran kejuruan inilah yang jadi booster bwt bikin rata² nilai gw jadi yang paling tinggi di kelas. Gw pun dpt ranking 1 untuk pertama dan terakhir kalinya. WTF!

Back to 2012 lagi, selama itu waktu byk dihabisin di sekolah, ampe lulus. Sempet ikut bidik misi di PNJ (yang kampusnya di dalam UI) tapi ga keterima. Padahal 2 dr 3 kandidat dr sekolah gw yang ikutan tes terakhir, mereka pada keterima jadi mahasiswa disitu, cuman gw satu-satunya yang ngga. Dan rasanya itu... biasa aja. Iyah, biasa aja. biasaa aja :(

Nah pas lulus inilah, masa transisi yang lumayan berat sedang menerpa kehidupan gw. Buat lu yg udah pada lulus mungkin sempet ngerasain deh. Berasa ada something yang kurang gitu. Yang awalnya lu disekolah ngga mikir apa² cuman mikir tugas ama cinta, abis lulus dikasih beban moral harus bisa survive tanpa bantuan ortu. uuh

Nyari duit! Sebenernya segmen ini bakalan panjang banget. Banyak bgt pelajaran yg gw dapet setelah gw lulus dr smk. Mungkin ga bakal keceritain semua, tapi gw kasih cerita hasil compressan nya aja. 

Habis lulus gw sempet nganggur 3 bulan. Sempet mau ke madura jualan martabak, tapi akhirnya buka usaha kecil-kecilan di rumah ngewarnet. Selama ngewarnet, gw usaha juga nyari duit dari internet, gw coba² adsense, bitcoin, dan hasilnya... ehm, nothing. bosen ngewarnet, gw ke kalimantan tengah, tepatnya di Palangkaraya, warnet gw tinggal. jabatan operator warnet gw serahin ama adek gw. Di Palangkaraya gw kerja jadi teknisi komputer, lalu akhirnya keluar. Gw berantem ama bos gw., gaji terkakhir gw pun ngga dikasih padahal di bulan terakhir gw kerja full 1 bulan bahkan lebih beberapa hari. Yah, udah diikhlasin aja ama gw mah. Masih di kalimantan, waktu itu udah mau lebaran, dan gw pengen banget pulang. Akhirnya gw ikut kerja dagang makaroni pake mobil bak, naroh²in dagangan makaroni ke pasar² ke toko² ke warung²... Hasilnya alhamdulillah pas pasan. Di pas-in aja deh pokonya buat beli tiket pesawat Tjilik Riwut - Soekarno Hatta.

Bandara Tjilik Riwut - Palangkaraya

Pulang dr Palangkaraya, gw nganggur lagi. Ngga bener² nganggur cause di rumah jabatan operator balik lagi ke gw. Ada kali 2 bulanan gw dirumah ampe akhirnya gw ngerasa bosen, setelah makin ngerasa bosen di rumah terus,  muncul seonggok makhluk. Dia temen gw, dulu sih dia kaka kelas, tapi gada respect² nya sama dia mah wkwkwk. Temen ngebanyol. Dia ngajakin nekat ke bekasi. Tanpa perencanaan yang matang, gw nge iya-in. Akhirnya gw jual hp kesayangan gw pake modal hidup di bekasi. Dan di bekasi gw sukses, sukses nyari kerja. Ngelamar sana sini ikut BKK ikut yayasan tapi hasilnya...... Uh. Suatu malam gw coba berdoa bener², minta dikasih petunjuk sama Allah. Tapi... Malam itu bener² ngga setitik pun cahaya yang bisa gw liat. Absolutely dark. Ternyata Bekasi mati lampu.

Hampir mati kelaparan di Bekasi (uhuk lebay dikit) doa gw terjawab. Ternyata jalan gw saat itu emang bukan di Bekasi. Tapi di medan, ikut proyek hambalang. Hari minggu ditelpon proyek, seninnya berangkat Soekarno Hatta - Kualanamu, alone.

Awal² gw banyak kerja kasar di sini. Dr nyangkul ampe ngebongkar aspal gw lakuin. Dan lingkungannya pun keras. Diantara kuli-kuli disana, gw yang paling muda. Rekan kerja gw ada yg mantan pemake, mantan pembunuh, mantan napi,  mantan syahrini, dan resiko jadi yg paling bungsu, gw banyak kena bully. Yg paling gw inget gw pernah dilemparin ke coran yang masih basah, kaki gw penuh semen,dan masih banyak lagi sebenernya kepedihan yang hayati terima :'( . Jadi selesei kerja, selain badan pada pegel, hati juga dongkol.

Tapi itu ga berlangsung lama, sebulan kemudian gw dipercaya pegang logistik. Tiap hari megang uang panas buat belanjain kebutuhan proyek. Baru kali itu gw pegang duit banyak bener. Ampe puyeng setengah mati pas mau laporan. Maklum sebenernya gw orangnya ceroboh, kalo bahasa sundanya, teu tarapti. Dan selain pegang logistik, gw juga belajar pegang pesawat. Bukan pesawat yang ada sayapnya, tapi pesawat buat setting elevasi tanah yang mau dipake buat lintasan atletik. Nama alatnya theodolit, buat anak sipil pasti tau. Biasanya kalo di univ univ teknik sipil perlu satu semester bwt belajar kaya gitu, gw cuman satu minggu. 

Banyak kerja di lapangan bikin gw jadi item. Iteeem bgt. Rambut panjang ga ke urus jarang disisir udah kaya Ambon. Tapi anehnya ada aja cewe yang mau ama gw. Wkwkwk. Iya di medan gw kenal cewe dan akhirnya jadian. Meski akhirnya setelah beberapa bulan ditinggal LDR an kita akhirnya udahan.
Setting elevasi tanah

Singkat cerita proyeknya selesai. Pulang dr Medan, seperti sebelum²nya gw nganggur dulu. Coba ngelamar sana sini tapi ga dapet. Sempet ditawarin kerja tapi harus bayar dulu, ngga gw ambil.. Kerja ko malah kita yang bayar. Akhirnya nunggu warnet lagi dirumah. Gw bersyukur banget ada warnet di rumah., ngga kebayang kalo ngga buka warnet, mungkin saat itu gw udah jadi pengangguran seutuhnya. 

Selain buka warnet gw juga buka servis komputer kecil²an. Waktu itu lumayan konsumennya kebanyakan guru² SD, cause rumah gw deket ama sekolahan jadi ya gitulah, gw juga udah pada kenal cause mereka juga guru² gw waktu sd dulu. Nah dari sinilah gw dipertemukan ama kerjaan baru. Ceritanya guru gw ini komputer di rumahnya rusak, gw di suruh benerin ke rumahnya. Oke waktu itu gw samperin ke rumahnya. Disana gw ketemu ama menantunya guru gw, dia itu bos CCTV, liat gw oprak oprek komputer, dia ngajak ngobrol. Ngobrol² akhirnya gw ditawarin deh jadi karyawan disana. Gw langsung iya-in. Akhirnya gw kerja di CCTV. Dikasih tempat tinggal di tasik kota, seminggu sekali pulang ke rumah.

Selama kerja di sana, bisa dibilang hidup gw ngga sejahtera. Manajemen perusahaannya kurang. Hak² gw ngga dikasih, gw kerja cuman dapet capek., gw udah kefikiran bwt resign, tapi ntar mau kerja dimana lagii??? Dan gw pun galau lagi

Foto andalan sampe sekarang

Disaat sekarat itu, secercah harapan muncul. Ada tawaran kerja di sebuah toserba di Tangerang. Gw coba² lah nekat. Tanpa pamit ke bos gw, minggu sore gw berangkat, besoknya langsung tes, langsung keterima. Gw kerja jadi teknisi komputer lagi, tapi di perusahaan yang lebih gede, dan gaji yang lebih gede pula. Beside, manejemennya jelas., job desk gw enak bgt, sesuai ama kualifikasi yg gw punya, mungkin karena udh punya pengalaman juga yg bikin gw gampang bgt adaptasi disana. Dan yang paling bikin betah, gw bisa PDKT ama kasir². Modus gw bisa dibilang canggih. Kalo pengen deket ama kasir, gw rusakin komputer kasir nya dr ruangan gw, programnya dibikin error lah, dibikin ngga bisa ngeprint lah, apa aja yang penting bikin kabag kasir manggil gw buat benerin komputer kassanya. Dan jelas, sambil benerin komputer kasir, sambil lirik²an ama kasirnya. Hehe. Kalo waktu itu ketahuan ama kabag gw, mungkin udah kena SP. Tapi bodo amat ah gw ngaku aja toh sekarang gw udah bukan lagi karyawan disana. Haha. Kasir yang dulu pernah gw modusin pun sekarang udah jadi punya gw. Awalnya sih kita ngga mau terikat status pacaran, tapi berhubung gw ama dia mau LDR an, maka gw perjelas lah statusnya. Gw juga udh janji buat nemuin dia lagi. Semoga bisa gw tepatin. I love you Ikna.

Tim EDP (Elektronik Data Proessing)

Lumayan panjang juga story nya, tapi time story nya udh mau present day nih. Selesai habis kontrak di Tangerang bulan April kemarin, gw pulang lagi. Alhamdulillah semenjak gw kerja di Tangerang perekonomian keluarga membaik. Cause selama kerja disana tiap bulan gw selalu transfer ke rumah. Bahagia banget pas pulang liat rumah gw udah agak rapih, meskipun masih sederhana, tapi seengganya cat temboknya baru, pagarnya baru, pekarangannya juga baru. Dan cadangan devisa gw cukup bwt nganggur beberapa bulan kedepan.

Kenapa sekarang gw belum mulai kerja lagi? Soalnya tanggung udah puasa, gw pengen lebaran di rumah. Kalo kerja takutnya gw bakal susah pulang. Terus kenapa ngga kerja di tasik aja biar deket pulangnya? Duuuh tau gak sih umr tasik berapa? Disini kalo kerja di tempat orang, cuman dpt capek doang. Disamping itu, sebenernya sih gw juga udah males kerja sama orang. Pengennya punya usaha sendiri. Mantan bos gw dulu waktu kerja di CCTV baru² ini dateng ke rumah. Silaturahmi sekalian nawarin gw bwt kerja di usaha barunya, dia buka travel., yang usaha CCTV dulu udah bangkrut. Karyawannya byk yg pada keluar kaya gw. Tapi tawarannya ngga gw terima. Gw lebih milih jaga warnet. Gw mau jadi bos di kerjaan gw sendiri.

Dan setelah apa yg udah gw alamin selama ini, gw ngerasa gw udah banyak berubah. Karena gw udah berubah, maka gw mutusin blog gw juga harus berubah., mulai dari template nya, direction nya, tagline nya, post²nya, gw mau rombak total. Doain kedepan semoga domainnya dapet yg tld. Beberapa tema/ label gw tambahin, bukan melulu soal teknoligi., tapi juga soal lifestyle, seba serbi, cocoklogi, apa aja deh yang bisa gw bagi ama kalian. Gw udah commit, ini titik awal loncatan baru dalam hidup gw. Apapun yang bakal gw hadepin kedepannya, insyaallah gw udah terlatih dan lebih siap.

Welcome to the new me.



Comments
0 Komentar

0 yang komen:

Posting Komentar